Hari Lahir Pelukis India, Amrita Sher-Gil Diperingati Google Doodle Hari Ini

Hari Lahir Pelukis India, Amrita Sher-Gil Diperingati Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini memperingati hari lahir Amrita Sher-Gil yang ke -103. Amrita Sher-Gil merupakan seorang pelukis terkenal di dunia yang berasal dari India. Amrita Sher-Gil adalah seorang pelukis wanita India termahal yang terkenal dengan 100 lukisan mahalnya yang bisa kita lihat di National Gallery of Modern Art. Di sana kita dapat melihat seperti apa lukisan mahal Amrita Sher-Gil, sehingga Google menobatkan Amrita Sher-Gil sebagai gambar Google doodle hari ini.

Amrita Sher-Gil lahir di Budapest, Hongaria, dari pasangan Umrao Singh Sher-Gil Majithia dan Marie Antoinette Gottesmann. Umrao Singh Sher-Gil Majithia, seorang bangsawan Sikh dan seorang sarjana dalam bahasa Sansekerta juga Persia, sementara Marie Antoinette Gottesmann seorang penyanyi opera Yahudi dari Hongaria. Ibunya datang ke India sebagai pendamping Putri Bamba Sutherland.

Amrita Sher-Gil merupakan anak pertama dari dua bersaudara perempuan. Adiknya, adalah Indira Sundaram (née Sher-Gil), ibu dari artis kontemporer Vivan Sundaram. Semasa kecil, Ervin Baktay yang merupakan paman Amrita, membimbing dengan mengkritisi pekerjaannya dan memberinya landasan akademik untuk tumbuh.

Meskipun Amrita sudah mulai melukis sejak usia 5 tahun, namun secara resmi dia baru mulai belajar melukis pada usia 8 tahun. Pada tahun 1924, Amrita menempuh pendidikan  di Santa Annunziata, sebuah sekolah seni di Florence, Italia. Meskipun Amrita tidak tinggal di sekolah ini dengan waktu yang lama, namun ia terinspirasi oleh karya-karya master Italia.

Pada umur enam belas tahun, Amrita Sher-Gil berlayar ke Eropa dengan ibunya untuk berlatih sebagai pelukis di Paris, pertama di Grande Chaumiere dibawah Pierre Vaillant dan Lucien Simon dan kemudian di École des Beaux-Arts (1930-1934), ia menarik inspirasi dari pelukis Eropa seperti Paul Cézanne dan Paul Gauguin. Lukisan awal dia menampilkan pengaruh yang signifikan dari lukisan mode Barat, terutama seperti yang dilakukan di kalangan Bohemian Paris pada awal 1930-an. Pada tahun 1932, ia membuat pekerjaan penting pertama, Young Girls, yang menyebabkan pemilihannya sebagai Associate Grand Salon di Paris pada tahun 1933, membuatnya menjadi yang termuda dan satu-satunya di Asia yang telah menerima pengakuan ini.

Karena hasil karyanya yang hebat tersebut, maka hari lahir Amrita Sher-Gil hari ini diperingati oleh Google Doodle dengan membuat sebuah lukisan pada halaman utama pencarian yang dibuat oleh doodler Jennifer Hom. Dia menggambar doodle art yang sangat indah dengan konsep “Three Girls”. Dengan gambar doodle berwarna khas lukisan Amrita Sher-Gil yang pernah dibuatnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »