Tips Agar Selalu Punya Ide-Ide Segar Setiap Harinya



Sebuah ide itu mahal harganya. Kita bisa memiliki nama besar atau populer berdasarkan ide-ide yang kita miliki. Dari sebuah ide, muncullah suatu karya. Karya itu nantinya akan mewakili diri kita yang sesungguhnya. Kalau sudah begitu, kepuasan dan kebahagiaan diri akan menjadi milik kita.

Di bangku sekolah, kuliah, dan kerja, setiap orang dituntut untuk selalu mengasah kreativitas. Kreativitas tidak dipengaruhi oleh bakat saja. Lebih dari itu, ini masalah latihan dan membangun kebiasaan. Tapi apakah kreativitas itu nantinya bisa menemukan jalan buntu? Gimana jadinya kalau kita tiba-tiba stuck dan tak bisa menemukan ide-ide segar setiap harinya?

Well, kalau kalian ingin selalu punya ide-ide segar setiap harinya, coba deh ikuti tujuh tips praktis ini. Praktekan tips ini dan latihlah terus urat kreativitas kamu. Yakin deh, hidup kamu akan lebih berwarna dan menyenangkan jika kamu selalu punya sesuatu yang baru untuk dilakukan sepanjang hidupmu.

Menyerap Informasi Baru Setiap Harinya dari Berbagai Sumber

Seorang penulis misalnya, harus banyak membaca untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Begitu pula seniman, musisi, atau penggiat dunia kreatif lainnya. Membaca dan menyerap informasi baru sudah jadi kebutuhan wajib setiap harinya. Otak kita perlu diberi asupan agar bisa terus mengalirkan ide-ide segar, bukan?

Kalau kamu sedang bingung mau membuat proyek baru seperti apa, misalnya. Jangan ragu untuk mencari informasi paling hot hari itu. Baca Copas Jon! bisa jadi alternatif lho..hehe. Setidaknya ceklah timeline media sosialmu. Yakin deh, pasti ada banyak percikan-percikan ide baru yang bisa kamu ambil dari situ.

Menentukan Fokus, Tembak Satu Target Buruanmu

Edward De Bono dalam bukunya THINK! Before it’s Too Late menuliskan, “Fokus adalah bagian yang paling penting dalam berkreativitas.” Kalian pasti pernah merasa memiliki banyak sekali ide. Berbagai inspirasi menumpuk jadi satu. Sayangnya, bukannya malah membuatmu bergairah tapi malah kebingungan, ide mana dulu yang harus dipilih dan dieksekusi. Ujung-ujungnya membuat kamu stress sendiri.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu menetapkan tujuan. Kamu ingin menjadi kreatif dalam hal apa. Apa fokus utamamu dalam pencarian ide tersebut. Dengan begitu, kamu tahu apa yang harus dikerjakan dan semangat untuk berkreativitas kembali menyala.

Jangan Menyalahkan Mood dan Bergantung Padanya

Jangan lewatkan satu hari pun tanpa berkarya. Sekecil atau sedikit apapun karya yang dibuat, yang penting harus ada sesuatu yang Anda ciptakan. Kalau sedang punya semangat tinggi untuk berkarya, jangan ditunda-tunda lagi. Mood kita terkadang memang naik turun. Namun, kalau menuruti mood saja, kapan kita akan berkarya? Agar api kreativitas tak padam, maka kita perlu menjaganya dengan baik, kalau pun padam kita harus segera menyalakannya kembali.

Saat perasaan sedang tidak nyaman, just do something for it. Misal nih ya, kamu bisa coba mengubah tempat belajar atau tempat kerjamu. Ciptakan suasana yang bisa membuat hati dan perasaanmu kembali tenang. Ide-ide segar itu lebih mudah datang saat kita berada dalam kondisi yang rileks.

Berlatih Melihat Sesuatu dari Sisi yang Lain, Cobalah Perspektif Baru

Saatnya untuk membebaskan diri melihat sesuatu dari sisi yang berbeda.
Inspirasi bisa datang dari mana saja. Tak hanya dari satu sudut pandang yang itu-itu saja. “Tetap renggangkan pemikiran Anda lebih jauh dari norma,” tulis Tony Buzan dalam bukunya Head Strong sebagai salah satu cara latihan kreativitas. Kita perlu berlatih untuk melihat sesuatu dari sisi yang lain. Mencoba sudut pandang yang baru. Berani mencoba hal baru dan menggunakan kaca mata dengan lensa berbeda untuk melihat sesuatu. Nggak susah kan? Yang penting kamu mau membuka diri untuk kembali belajar sesuatu.

Try to think out of the box! Kamu akan terkejut sendiri betapa sesuatu yang tadinya terlihat biasa saja ternyata punya keunikan dan nilai tersendiri. Intinya sih adalah kemauan dan tindakan. Kamu mau mencoba sesuatu yang baru dan berani untuk melakukan hal yang berbeda dari biasanya.

Berkelana dan Bertemu Orang Baru, Serap Pengalaman yang Belum Pernah Kamu Dapat

Merasa kehabisan ide dan tak lagi semangat untuk bekerja atau beraktivitas? Saatnya untuk meluangkan waktu untuk berlibur sejenak. Sesekali kita perlu keluar dari rutinitas kita. Lalu berlibur atau berkelana ke tempat-tempat baru. Selain membuat pikiran lebih rileks, kita akan lebih mudah menyerap hal-hal baru yang selama ini sering kita abaikan. Pasti ada sesuatu yang baru dari perjalanan yang kita buat. Ketika bertemu orang-orang baru pun, kita bisa mendapatkan inspirasi segar dari pengalaman atau kisah mereka.

Ide itu banyak bertebaran di luar ruangan kita. Jangan hanya terpaku pada satu tempat atau sekadar Googling. Saatnya untuk melihat dunia baru di luar sana. Tak perlu ragu untuk bertanya atau belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah sukses lebih dulu.

Mengganti Rutinitas Harian, Akan Sedikit Mengurai Rasa Bosan

Apa yang membuat kita mudah bosan dengan pekerjaan yang kita lakukan? Salah satunya adalah ritme harian yang monoton. Bekerja dengan jadwal yang sama dan rutinitas yang itu-itu saja. Agar kreativitas kembali menyala, perlu sekali lho untuk mencoba mengubah jadwal kegiatan atau rutinitas harian kita.

Rasa bosan seringkali jadi musuh utama kita ketika kita sedang berjuang untuk mendapatkan ide segar. Itulah kenapa banyak pekerja kreatif khususnya yang lebih suka bekerja di luar kantor. Mereka ciptakan studio kerja mereka sendiri dan membuat jadwal kerja sesuai kebutuhan mereka. Wah, membayangkan bisa bekerja dan melakukan aktivitas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita saja sudah terasa menyenangkan, ya?

Dalam bukunya The One World Schoolhouse, Salman Khan menulis, “Para genius tidak terpaku pada waktu!” Tenggat waktu memang harus dikejar. Target kerja harus ditepati. Hanya saja saat sedang stuck dalam bekerja, kita perlu melakukan sedikit perubahan seperti mengubah jadwal kerja tanpa mengurangi kuantitas dan kualitas kerja kita. Agar nantinya semangat kerja tetap bisa dijaga. Hingga pada akhirnya produktivitas kerja bisa tercapai dengan baik.

Bangun Lebih Pagi dari Biasanya, Kamu akan Merasa Lebih Segar untuk Jalani Hidup

Buat kalian yang terlalu sering begadang dan bangun siang, cobalah untuk bangun lebih pagi dari biasa. Waktu di pagi hari seolah berjalan lebih lambat dan tenang. Ide-ide yang tadinya seolah jauh dari genggaman jadi mudah untuk ditangkap kembali. Pikiran kita yang masih jernih bisa membuat banyak inspirasi baru kembali bermunculan. Jangan lupa siapkan juga jurnal untuk mencatat semua inspirasi yang didapat di pagi hari.

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan adalah dengan tetap menjaga kesehatan tubuh. Saat tubuh sehat, maka kita akan lebih mudah untuk menyalakan ide-ide kreatif di pikiran kita. Bagaimana pun, kesehatan fisik dan mental harus sama-sama dijaga. Keseimbangan hidup juga perlu didapatkan. Sehingga nantinya ketika berkarya dan bekerja, kita bisa tetap merasa bahagia.

Baca Artikel Copas Jon!

Yang terakhir ini tidak dianjurkan, karena Blog ini akan merusak kreatifitas anda..hehe

Selamat kembali berkarya!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »