8 Menu Sarapan Khas Indonesia Ini Dijamin Bikin Kamu Nyesel pas Makan Siang



Makan pagi-pagi atau sarapan adalah ritual di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tapi uniknya masih banyak orang Indonesia menganggap sarapan itu sama kaya makan siang dan makan malem karena menunya haruslah berbobot atau berat alias "harus nasi". Kayak gini nih contohnya.

1. Nasi Uduk



Ini adalah menu sarapan yang gampang banget dicari. Kamu melengos dikit pasti langsung nemu warung yang jual nasi uduk. Dan kalo dibilang nasi uduk adalah menu yang pas buat sarapan, sebenernya gak juga, soalnya malem-malem juga banyak tenda-tenda yang jual nasi uduk. Udahlah ya, yang penting nasi.
2. Lontong Sayur



Kalo pas kamu melengos gak liat nasi uduk, pasti kamu nemu lontong sayur. gue gak tau deh lontong sayur sama nasi uduk yang jual banyakan mana. Kedua makanan itu emang sering banget ada di pagi hari. Tapi kalo dipikir-pikir, pagi-pagi perut kita udah kena santen dari kuah lontong sayur, kira-kira baik gak tuh? Tapi bodolah ya, yang jelas lontong sayur itu menu sarapan.
3. Nasi Goreng


Makanan favorit Obama ini juga gak bisa dibilang menu sarapan. Karena nasi goreng cocok buat dimakan kapanpun. Tapi nasi goreng tuh kenapa selalu dipake buat menu sarapan di Indonesia ya? Udah jadi budaya aja kali ya.
4. Mie Ayam



Kalo menu yang satu ini emang bukan nasi, tapi tetep aja mie punya kandungan karbohidrat. Mangkanya gak heran kalo makan mie ayam apalagi yang pinggir jalan udah jadi menu sarapan yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Pasti nanti abis makan mie pasti gak lama makan lagi dengan alasan "Kalo belum makan nasi, belum nendang".
5. Soto


Soto juga bukan nasi, tapi makan soto gak pake nasi rasanya kayak pacaran gak sama pacar. Jadi ya intinya sama aja, pagi-pagi udah karbohidrat. Ditambah lagi lauk-lauk yang berenang di kuah soto yang berminyak.

6. Ketoprak

Kamu tau kan kalo ketoprak itu gampang banget ditemuin pagi-pagi, bahkan kamu gak nyari aja, mereka samperin kamu. Tapi kamu tau juga kan kalo ketoprak itu kebanyakan pake lontong? Karena pake lontong jadi ketoprak bisa masuk ke dalam menu sarapan orang Indonesia. Selain lontong, ada tahu dan bihun juga yang dimandiin bumbu kacang. Pagi-pagi yang masuk mulut udah rame aja ya.
7. Nasi Pecel


Makan sayuran emang baik buat asupan pagi hari, tapi kalo sayurannya pake nasi terus disiram bumbu pecel? Ya, gak tau deh baik apa gak, yang jelas nasi pecel kalo di Indonesia udah jadi menu sarapan yang biasa aja. MBDC saran sih, jangan pedes-pedes bumbunya, tapi kalo gak pedes gak enak ya, yaudah terserah kamu deh.
8. Masakan Kemaren Diangetin


Gak jarang lho di rumah-rumah yang menu sarapannya sama kayak menu makan malemnya. Bukan karena masak atau beli makanan yang sama, tapi karena makanan semalem diangetin lagi. Selama masih bisa dimakan kenapa gak, ya kan? Mubadzir namanya kalo makanan yang bagus dibuang-buang, kecuali kalo udah basi tapi tetep nekat kamu makan, itu namanya kebangetan hematnya. Padahal masih ada ayam yang membutuhkan nasi sisa semalam meskipun udah basi.

Apapun sarapannya, kalo udah yang namanya konsumsi nasi atau apapun yang banyak mengandung karbohidrat di pagi hari kayaknya bisa bikin kamu nyesel waktu makan siang deh, soalnya pas makan siang, kamu jadi gak laper-laper amat. Apalagi buat kamu yang sarapannya sampe nambah dua piring, bisa jadi kamu makan lagi nanti pas lebaran. Kecuali kalo emang perut kamu elastis, jadi bisa menyesuaikan sama isinya. Atau mungkin lambung kamu nyampe kemana-mana, jadi nasinya bisa ditempatkan di kaki, di pantat, atau ditangan kayak popeye dan di tempat lain yang kamu suka.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »